Jumat, 23 September 2016

Masyarakat Madani ( Civil Society )

Masyarakat madani merupakan istilah yang pertama kali dicetuskan oleh mantan Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim.Konsep masyarakat madani tersebut merujuk pada sistem sosial yang berasaskan pada prinsip moral yang menjamin keberlangsungan hak asasi manusia dan kestabilan masyarakat.Masyarakat madani sendiri merupakan adaptasi dari istilah “civil society” dalam bahasa Inggris yang dapat diartikan sebagai masyarakat beradab yang menjalani dan membangun kehidupannya sesuai dengan aturan moral dan prinsip hukum yang berlaku.Masyarakat madani merupakan tiang utama dalam kehidupan politik berdemokratis. Wajib bagi setiap masyarakat madani yang tidak hanya melindungi warga negara dalam berhadapan dengan negara, namun masyarakat madani juga dapat merumuskan dan menyuarakan aspirasi masyarakat.

Pengertian Masyarakat Madani Menurut Para Ahli 
Berbagai tokoh dalam bidang pemerintahan dan ilmu sosial juga turut memberikan pendapatnya mengenai pengertian masyarakat madani. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Thomas Paine 
Thomas Paine, tokoh perjuangan kemerdekaan Amerika Serikat, mendefinisikan masyarakat madani sebagai wadah bagi masyarakat untuk mengembangkan kepribadiannya secara bebas dan tanpa paksaan.
2. Nurcholish Madjid
Cendikiawan Muslim Nurcholish Madjid mengungkapkan bahwa masyarakat madani merupakan contoh implementasi nilai-nilai moral dan aturan hukum dalam masyarakat yang hidup pada era kekhalifahan muslim pasca hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Madinah.
3. Rahardjo
Masyarakat madani merupakan cerminan dari kehidupan masyarakat yang saling bekerja sama dalam membangun hubungan sosial dan soildaritas masyarakat yang didasarkan pada integrasi sosial.
4. Muhammad A.S. Hikam
Masyarakat madani adalah kehidupan sosial yang terorganisasi serta ditandai dengan adanya kesukarelaan, keswasembadaan, dan kemandirian masyarakat terhadap negaranya yang dilindungi oleh aturan dan nilai-nilai hukum.
5. Perserikatan Bangsa-Bangsa
Masyarakat madani adalah masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi  dan menghargai hak asasi dan tanggung jawab manusia. 

Ciri-Ciri Masyarakat Madani/Karakteristik Masyarakat Madani
Berdasarkan definisi dari para ahli yang sudah dibahas sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa masyarakat madani memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
Adanya Nilai dan Norma Sosial
Masyarakat madani mengakui adanya hak dan kebebasan indiviu yang dibuktikan dengan perwujudan nilai dan norma sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Masyarakat madani hidup berdasarkan aturan hukum dan konvensi yang berlaku, serta ketaatan pada Tuhan Yang Mahaesa.
Memiliki Peradaban yang Tinggi
Sesuai dengan namanya, masyarakat madani memiliki peradaban yang tinggi. Peradaban tersebut dapat dibuktikan dengan majunya teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini. Di samping itu, peradaban dalam kehidupan masyarakat pun dapat ditunjukkan melalui adab dan tata krama terhadap sesama manusia yang aturannya didapatkan dari norma sosial dan norma keagamaan.
Adanya Ruang Publik yang Bebas
Masyarakat madani juga berhubungan erat dengan implementasi prinsip-prinsip demokrasi, dan salah satu tanda demokrasi adalah adanya ruang publik yang memungkinkan masyarakat untuk mengutarakan opininya. Kebebasan setiap warga negara untuk menyuarakan pendapatnya dilindungi oleh undang-undang yang berlaku. Namun, adanya ruang publik harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai timbul perpecahan akibat penggunaan hak berpendapat yang melampaui batas.
Adanya Supremasi Hukum
Supremasi hukum dapat diartikan sebagai kekuasaan tertinggi dalam hukum. Artinya, keadilan dapat tercapai apabila hukum ditempatkan pada posisi tertinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan, dan bertindak secara netral tanpa memandang kepentingan golongan tertentu.
Adanya Partisipasi Sosial
Partisipasi sosial dalam masyarakat merupakan salah satu tanda terwujudnya karakteristik masyarakat madani yang menjunjung tinggi asas gotong royong demi tercapainya kepentingan bersama. Tentunya, agar tujuan masyarakat dapat dicapai, perlu adanya keselarasan antara hak dan kewajiban.

Karakteristik  Masyarakat Madani Menurut Bahmueller
Bahmueller berpendapat bahwa masyarakat madani memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. Individu dan kelompok terintegrasi melalui kontak dan interaksi sosial.
2. Adanya sistem kekuasaan alternatif yang mengakomodasi kepentingan-kepentingan yang  mendominasi masyarakat.
3. Adanya program-program pembangunan yang dirancang oleh pemerintah yang diselaraskan dengan program-program pembangunan berbasis masyarakat.
4. Kepentingan-kepentingan individu dan negara dapat dijembatani oleh organisasi yang menampung masukan terhadap keputusan pemerintah.
5. Kreativitas masyarakat berkembang meskipun pada mulanya terhambat akibat kekuasaan rezim totaliter.
6. Tumbuhnya kesetiaan dan kepercayaan yang membuat individu-individu mengakui keterkaitannya dengan orang lain serta tidak mementingkan diri sendiri.
7. Kebebasan masyarakat dinaungi oleh lembaga-lembaga sosial yang mampu menampung beragam perspektif.

Unsur-Unsur Masyarakat Madani
Masyarakat Madani tidak muncul dengan sendirinya. Ia menghajatkan unsur-unsur sosial sebagai prasyarat terwujudnya tatanan masyarakat madani. Beberapa unsur pokok masyarakat madani adalah sebagai berikut :
1. Adanya wilayah publik yang luas, adalah ruang publik yang bebas sebagai sarana mengemukakan pendapat warga masyarakat.
2. Demokrasi, ialah prasyarat mutlak keberadaan civil society yang murni (genuine).
3. Toleransi, ialah sikap saling menghargai dan meghormati adanya perbedaan pendapat
4. Pluralisme, ialah tidak hanya sebagai batas sikap dan menerima kenyataan sosial yang beragam tapi disertai dengan sikap tulus menerima perbedaan dan rahmat tuhan yang bernilai positig bagi kehidupan masyarakat.

5. Keadilan sosial, adalah keseimbangna dan pembagian yang proporsional atas hak dan kewajiban setiap warga Negara yang mengenai seluruh aspek kehidupan; ekonomi, pilitik, pengetahuan dan kesempatan.










         

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar